SDN KEDAUNG KALIANGKE 14 TERUS MENGOPTIMALKAN GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH


Perkembangan pendidikan dari tahun ke tahun selalu meningkat pesat. Di Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan konsep baru yaitu kurikulum 13. Salah satu cara yang ditempuh pendidik agar anak-anak dapat menguasai aspek membaca, menulis, dan berhitung dalam melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, maka pendidik selalu menekankan dalam kegiatan literasi baik di sekolah maupun di rumah.


Menurut Harvey J. Graff Literasi merupakan kemampuan pada diri seseorang untuk menulis dan membaca. Sedangkan Literasi dasar adalah kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengarkan dan berhitung. Tujuan adanya literasi yaitu untuk membantu generasi yang mampu berfikir kritis dalam menyikapi segala hal, dapat mengembangkan dan menumbuhkan budi pekerti, dapat mening katkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca segala macam informasi yang bermanfaat.

Selain tujuan, literasi juga memiliki beberapa manfaat bagi anak-anak, diantaranya:

  1. Memperkaya pengetahuan kosa kata
  2. Menambah informasi dan wawasan baru
  3. Mengasah daya ingat melalui kegiatan membaca
  4. Meningkatkan pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
  5. Meningkatkan kepekaan terhadap informasi yang mucul di media
  6. Meningkatkan kreativitas anak dalam menulis dan menyusun kata-kata.

Manfaat lain literasi dalam sehari-hari yaitu :

  1. Melatih kemampuan dasar untuk membaca, menulis dan menghitung. Membaca buku cerita merupakan salah satu kegiatan literasi yang sederhana. Jika dilakukan secara rutin maka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam dunia literasi.
  2. Mengembangkan kemampuan berfikir kritis
    Pendidikan literasi berperan sebagai pondasi pada anak-anak dalam kemampuan berfikir kritis dan logis pada saat situasi yang dihadapi. Pola pikir kritis sangat diperlukan sebagai investasi yang berguna bagi anak-anak ketika memasuki dunia masyarakat.
  3. Perkembangan literasi yang baik berkorelasi dengan prestasi akademik. Pendidikan literasi memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik anak. Hal itu dikarenakan anak-anak yang terbiasa dengan dunia literasi memiliki kemampuan belajar dan komunikasi yang lebih baik. Selain kemampuan dalam akademik, anak-anak juga dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah logis seperti perhitungan dalam matematika.

Banyaknya manfaat dari kegiatan liiterasi untuk anak sekolah dasar sehingga dapat menunjang prestasi belajar anak. kegiatan literasi dapat dibiasakan dengan membaca selama kurang lebih 5 menit sebelum atau sesudah kegiatan belajar berlangsung.

Sehingga kita bersama-sama membangun dan meningkatkan kegiatan literasi pada anak sekolah dasar, agar menjadi generasi penerus bangsa yang mendunia dan berkualitas.


0 Komentar